Birokrasi

Sehat Berawal dari Bersih; Bersih Pikir Bersih Lingkungan

initasik.com, birokrasi | Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga pola pikir. Jangan mudah stres. Itu diperlukan agar tubuh selalu sehat, dan tidak mudah sakit.

“Sampaikan kepada masyarakat, pencegahan lebih baik daripada mengobati. Sampaikan pentingnya kesehatan. Sampaikan pentingnya menjaga kebersihan. Sehat itu berawal dari kebersihan. Bersih pikir dan bersih hati. Bersih lingkungan dan bersih makanan. Jangan mudah stres, karena penyakit muncul dari pikiran,” tutur bupati saat memberi sambutan dalam seminar sehari tentang TBC, di pendopo baru, Selasa, 4 April 2017.

Menurutnya, banyak penyakit yang menyerang tubuh karena dipengaruhi oleh pikiran yang tidak teratur. Mudah stres. “Selalu bersyukur agar hidup ini enak dijalani. Terlalu banyak keinginan membuat hidup ini terasa sumpek,” tandasnya.

Ia menegaskan, pemerintah berkewajiban meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Berbagai program kesehatan terus digencarkan. Anggarannya pun ditingkatkan setiap tahun. “Kita bisa melakukan aktivitas sehari-hari bila sehat. Buat apa banyak uang, tapi tidak bisa menikmatinya, karena sakit-sakitan,” imbuh bupati.

Terkait penyakit TBC, Uu menilai, dulu, itu merupakan penyakit yang menakutkan. Kalau ada yang mengidap TBC, besar kemungkinan cepat meninggal dunia. “Itu dulu, waktu saya masih kecil. Sekarang sudah ada kemajuan ilmu pengetahuan yang ditunjang teknologi, TBC bukan hal yang menakutkan. Bisa diselesaikan dengan medis, sehingga banyak yang sembuh,” ujarnya. [Jay/adv]

Komentari

komentar