Eri | initasik.com
Informasi

Sejak Kapan di Jl. BKR Kota Tasik Banyak Tempat Cuci Motor?

initasik.com, informasi | Pernahkah Anda menghitung ada berapa tempat pencucian motor di Jl. BKR Kota Tasikmalaya? Jawabannya banyak. Ada sekitar 15 titik. Tak salah bisa daerah itu disebut sebagai pusat kawasan tempat cuci motor di kota ini.

Lantas, sejak kapan di sana ada banyak gerai cuci steam motor? Rifi Hamdani, saat ditemui di tempat cuci motornya yang bernama Cuci Steam Salju Hikmah, mengatakan, pada 2007 silam ia memutuskan untuk membuka usaha cuci motor. “Dulu, waktu masih kerja di pabrik, cape, lalu ikut usaha sama kakak buka cuci motor,” ujarnya.

Saat awal buka, biaya jasa cuci motor di tempatnya hanya Rp 5.000. Waktu itu belum ada salju (steam). Kendati begitu setiap harinya selalu ramai. Banyak pemilik motor yang merapat ke tempatnya.

Tiga tahun kemudian, tempat cuci motor di jalan BKR mulai menjamur. Ia mengaku tak merasa ada saingan. Konsumennya masih banyak. Kini, dalam sehari ia bersama tiga orang karyawannya bisa mencuci motor sampai 40 unit.

Tarif jasanya Rp 10 ribu. Itu sudah termasuk cuci steam salju dan poles. Menurutnya, keunggulan dari cuci steam milik Rifi ini lebih ditekankan pada pemolesan body motor. “Kalau di tempat lain asal terlihat bening. Kita ngga. Semuanya harus rapih. Pemolesan body motor di sini sangat detail, sampai ke yang kecil,” tuturnya.

Dari usahanya itu, ia mengaku bisa meraup untung sampai Rp 4,5 juta perbulan. Malah lebih. Ia menyebutkan, tarif Rp 10 ribu itu tidak masuk semua ke sakunya. Dibagi hasil. Rp 5.500 untuk dirinya, dan Rp 4.500 bagi para pencuci Rp 4.500.

Pemilik pencucian motor lainnya, Dede Sukirman, mengatakan, sudah melakoni usahanya sejak 2010. Semula jualan jus. Kini cuci motor juga. Dalam sehari, ia bisa mencuci 15 motor sampai 23 unit. [Eri]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?