Informasi

Sejumlah Tokoh Nasional akan Hadir dalam Mudzakarah Seribu Ulama

initasik.com, informasi | Sejumlah tokoh nasional diagendakan hadir dalam Mudzakarah Seribu Ulama dan Kongres Muhajidin V yang akan digelar di Gedung Aisyah, Kota Tasikmalaya, Ahad, 5 Juli 2018. Mereka di antaranya adalah KH Bachtiar Nasir, KH Tengku Zulkarnain, dan KH Kholil Ridwan.

“Ada juga penceramah dari Bandung, seperti Ustadz Evie Effendi,” ujar Isa ridwan, ketua pelaksana acara, Sabtu, 4 Agustus 2018.

Isa menjelaskan, acara mudzakarah merupakan ajang dialog terkait kondisi kekinian yang terjadi di Indonesia, terutama yang menimpa umat Islam. “Akhir-akhir ini Islam sering dituding sebagai agama yang setiap kali bergerak mengancam persatuan negara,” sebutnya.

Padahal, sambungnya, Indonesia merupakan negara yang diperjuangkan oleh para ulama. Setelah merdeka, Indonesia pernah terpecah-belah menjadi negara serikat. Lagi-lagi, yang kembali mempersatukan negara NKRI adalah panitia sembilan yang sebagian besarnya adalah umat Islam dan beberapa di antaranya ada ulama.

Ia berharap, melalui kegiatan itu bisa lebih menyatukan kembali umat Islam, karena yang diundangnya juga semua ormas Islam di Indonesia. Saat ditanya soal kaitan acara dengan Pilpres 2019 mendatang, Isa menjawab, secara langsung tidak ada kaitannya.

“Tapi kalau secara tidak langsung bisa jadi, karena ada juga pembasan mengenai kriteria kepemimpinan berdasarkan agama Islam. Tapi kalau secara saklek ke pilpres 2019, itu ngga ada kaitan. Kita lebih condong ke pembahasan kepemimpinan secara jangka panjang,” bebernya.

Acara yang mengusung tema “Peran Umat Islam dalam Menjaga Kedaulatan NKRI dan Meneguhkan Kepemimpinan Islami” itu akan digelar mulai 5 Agustus 2018 sampai 7 Agustus 2018. [Eri]