Edukasi

Sekolah Lima Hari di SDN Citapen; Undang Guru Diniyah ke Sekolah, Sabtu Khusus Ekstrakurikuler

Kota Tasik | Kebijakan sekolah lima hari yang akan diterapkan mulai tahun pelajaran 2017 sudah dirintis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Itu bagian dari Program Penguatan Pendidikan Karakter.

Di SDN 5 Citapen, Kota Tasikmalaya, sudah menjalankan sekolah lima hari sejak tahun ajaran kemarin. Sekolahnya Senin sampai Jumat. Sabtu khusus untuk kegiatan ekstrakurikuler. Program ini memang berbeda dengan sekolah lima hari yang digagas Kemendikbud.

Kepala SDN Citapen, Aning Rosdiana, M.Pd, menjelaskan, karena sekolah formalnya hanya lima hari, pihaknya membuat beberapa program. Salah satunya program pengembangan diri agama siswa. Istilah umumnya sekolah agama.

Setiap beres kegiatan belajar mengajar, para siswa tidak langsung pulang. Istrahat, makan dulu, salat, lanjut dengan kelas pengembangan diri agama. “Anak-anak diberi materi agama. Kami undang guru-guru diniyah dari luar sekolah. Sekarang sudah ada 12 guru diniyah,” sebutnya.

Menurutnya, kelas pengembangan diri agama merupakan bagian dari solusi bagi orangtua yang mengeluh anaknya malas sekolah agama di tempat tinggalnya. “Orangtua siswa sangat antusias menyambut program ini. Mereka mengaku merasa terbantu. Pulang sekolah anak bisa langsung istirahat,” tutur Aning.

Ditanya apakah ada biaya untuk kelas tersebut, Aning mengangguk. Per bulan tiap anak bayar Rp 20 ribu. “Itu merupakan kesepakatan orangtua. Kami hanya menawarkan program, dan ternyata direspons baik oleh orangtua. Dalampengembangan diri agama itu yang ditekankan adalah baca tulis Alquran,” tuturnya.

Terkait kegiatan ekstrakurikuler, pihaknya melibatkan orangtua. Dalam beberapa program ekstrakuriler, seperti sains dan bahasa Inggris, mentornya adalah orangtua siswa.Di Sabtu minggu pertama dan ketiga jadwalnya ekstrakurikuler pramuka. Itu wajib bagi semua siswa.

Sedangkan minggu kedua dan keempat, siswa bebas memilih ekstrakurikuler yang sesuai minat dan bakatnya. Ada sains, bahasa Inggris, atau seni bela diri.“Waktunya mulai pukul delapan sampai setengah sebelas,” imbuhnya. initasik.com|shan

Komentari

komentar