Peristiwa

Sekolah Menengah Kejuruan Makin Diminati

initasik.com, peristiwa | Minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) semakin tinggi. Hal itu terlihat di beberapa SMK di Kota Tasikmalaya.

Di SMK Manangga Pratama, misalnya. Meskipun Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) serentak belum dibuka, sekolah yang satu ini sudah dibanjiri para pendaftar. Bahkan, jumlahnya sudah melebihi target yang ditentukan.

Sekolah yang memiliki tiga jurusan dalam dunia otomotif itu saat ini tercatat ada kurang lebih 410 calon murid baru yang telah daftar. Padahal, pihak sekolah hanya menerima sampai 360 siswa.

“Pasti banyak yang terpaksa kami tolak. Kami harus menyesuaikan dengan ruang kelas yang ada, yaitu 10 kelas,” jelas An’an Budiana, Waka Kesiswaan SMK Manangga Pramata, Senin, 9 Juli 2018.

Menurutnya, sekolah telah berupaya agar bisa menyerap siswa baru lebih banyak dari tahun kemarin dengan cara penambahan ruang kelas baru. Kendati ada penambahan, nyatanya jumlah calon siswa baru yang mendaftar lebih banyak. “Tahun kemarin ada 324 siswa atau sembilan kelas. Tahun ini, kan, 360, otomatis untuk sepuluh kelas. Tapi nyatanya masih ada saja siswa yang terpaksa tidak kami terima,” ujarnya.

Kondisi yang nyaris sama terjadi di SMK Mitrabatik. Sekolah yang menyuguhkan 4 jurusan itu sudah menerima sebanyak lebih 288 calon peserta didik baru. “Target kita tahun ini 10 kelas dengan jumlah 360 siswa,” ungkap Dede Sumia, kepala sekolah.

Ia menyebutkan, setiap tahun ada puluhan siswa yang terpaksa tidak diterima di sekolahnya lantaran kuota sudah terpenuhi. Bahkan, tambah Dede, di tahun kemarin saja ada kurang lebih 70 orang yang tidak diterima.

Untuk itu, mulai hari ini sementara waktu pihaknya menutup pendaftaran hingga tanggal 11 Juli mendatang. “Untuk antisipasi membludaknya para pendaftar, karena biasanya para pendaftar yang gagal di SMK negeri nanti, suka pada datang ke sini,” tandasnya.

Menurutnya, dibandingkan dengan jurusan Administrasi Perkantoran, Teknik Komputer Jaringan, dan Pemasaran, jurusan Akuntansi dan Keuangan jauh diunggulkan dan menjadi jurusan yang paling banyak diminati masyarakat.

“Banyak siswa kami yang sudah bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Bahkan sampai bekerja di luar negeri. Di Malaysia. Kami bekerja sama dengan 15 perusahaan besar untuk penyaluran kerja,” tuturnya. [Eri]