Jay | initasik.com
Birokrasi

Sektor Ekonomi Hanya Dikuasi Segelintir Orang

initasik.com, birokrasi | Ada banyak penyebab terjadinya inflasi yang merugikan masyarakat kecil. Salah satunya lantaran sektor ekonomi hanya dikuasai segelintir orang. Mereka dengan mudah memainkan harga. Yang penting untung besar.

“Padahal dalam Pancasila sudah ditegaskan bahwa keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia,” tandas Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, usai mengikuti High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah se-Priangan Timur, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Selasa, 16 Mei 2017.

Penyebab lainnya, sebut bupati, banyak pengusaha nakal yang menimbun barang, sehingga terjadi kelangkaan di pasaran. Imbasnya, harga kebutuhan pokok jadi naik. Mau tidak mau masyarakat harus membelinya.

“Maraknya pasar modern juga menyebabkan tingkat inflasi jadi tinggi. Silakan cek harga di pasar-pasar tradisional, lalu bandingkan dengan yang di supermarket. Harga di supermarket biasanya lebih mahal,” papar Uu.

Menurutnya, dampak inflasi itu akan dirasakan langsung oleh masyarakat ekonomi lemah. Mereka yang tidak punya penghasilan tetap pasti terbebani. Beda dengan para PNS dan pejabat yang punya pendapatan rutin. Belum lagi dapat tunjangan ini-itu dan kenaikan gaji.

“Kami di Kabupaten Tasikmalaya, karena mayoritas bergerak di sektor pertanian, selalu berusaha menaikkan kesejahteraan mereka. Sektor pertanian kita genjot untuk terus maju. Produksi pertanian melimpah, bahkan sampai ekspor. Kami juga mencetak sawah baru, seperti kemarin membuat 125 hektar sawah baru,” bebernya.

Ia menyadari, inflasi tidak bisa dihindari. Kendati begitu, pemerintah harus mampu mengendalikannya agar tidak membuat susah masyarakat, terutama mereka yang berada di garis prasejahtera. [Jay]

Komentari

komentar