Toriq Hidayat | Jay/initasik.com
Informasi

Sektor Pariwisata Penyumbang Terbesar Kedua Bagi Devisa


initasik.com, informasi | Sektor pariwisata merupakan penyumbang terbesar kedua bagi devisa negara. Angkanya mencapai Rp 200 triliun. Kedua terbesar setelah industri kelapa sawit. Untuk itu, pemerintah, melalui Kementerian Pariwisata, terus menggenjot sektor tersebut.

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PKS, Toriq Hidayat, mengatakan, pengembangan sektor pariwisata tidak hanya cukup dengan semangat. Perlu didukung anggaran yang memadai. Saat ini, anggaran bagi Kementerian Pariwisata sekitar Rp 3,7 triliun. Setidaknya diperlukan anggaran Rp 20 triliun.

Menurutnya, jika dikelola dengan maksimal, sektor pariwisata akan lebih besar memberikan pemasukan bagi negara. Ia membandingkannya dengan Turki. Meski potensi wisata di negara tersebut sedikit, namun pemasukan dari sektor tersebut mencapai Rp 600 triliun.

“Kita, Indonesia memiliki potensi wisata yang jauh lebih banyak dibanding Turki. Tapi kenapa pemasukannya masih kecil. Diperlukan keseriusan yang lebih agar potensi-potensi wisata yang kita miliki memberikan manfaat yang lebih besar pula,” tuturnya dalam Bimbingan Teknis Penyusunan Strategi dan Komunikasi Pemasaran yang digelar Kementerian Pariwisata, di Hotel Harmoni, Kota Tasikmalaya, Rabu, 2 Mei 2018.

Di tempat yang sama, Haryanto, asdep Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Kementerian Pariwisata, dalam sambutannya menyebutkan, tahun ini, pihaknya menargetkan angka kunjungan wisatawan nusantara sebanyak 270 juta, dan wisatawan mancanegara 17 juta orang.

“Sektor pariwisata memiliki peran yang penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Pariwisata merupakan salah satu alat penghasil devisa negara dan mampu menciptakan lapangan kerja,” tandasnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?