Informasi

Selama Musim Libur, Orang Miskin Jangan Sakit

initasik.com, informasi | Belum semua orang miskin terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Untuk itu, Pemkot Tasikmalaya masih mempertahankan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Cecep Z Kholis, menjelaskan, masih banyak warga miskin yang belum punya kartu BPJS Kesehatan. “Kami masih punya Jamkesda. Itu kebijakan lokal, dan berlaku hanya sekali pakai. Warga tidak diberi kartu, tapi surat jaminan dari pemerintah untuk menanggulangi pembayaran selama dirawat di rumah sakit,” tuturnya.

Untuk mendapatkan jaminan itu, keluarga pasien harus mendatangi kantor kelurahan setempat, meminta surat keterangan tidak mampu. Surat itu kemudian diserahkan ke Dinas Kesehatan sebagai bahan mengeluarkan surat rekomendasi untuk ke rumah sakit. Jamkesda itu hanya berlaku di rumah sakit pemerintah.

Namun, selama musim libur lebaran ini, Cecep tidak bisa memastikan Jamkesda itu bisa dikeluarkan. Pasalnya, pegawai di keluarahan dan di Dinas Kesehatan dipastikan libur, sehingga tidak bisa memberikan pelayanan. [Jay]

Komentari

komentar