Peristiwa

Selamat Tinggal Terminal Indihiang

Kota Tasik | Jika tidak ada perubahan aturan, aset terminal tipe A, Indihiang, Kota Tasikmalaya, akan berpindah ke tangan pemerintah pusat. Aset diambil alih. Bukan hanya itu. Sejumlah sekolah, dan RSUD dr. Soekardo akan dikelola pemerintah provinsi.

“Terminal tipe A nu menang hese ngabangun puluhan miliar (rupiah) bakal ditarik ka pusat. Ada juga aturan dalam Permenkes yang mengatakan rumah sakit tipe B akan ditarik ke provinsi. Ari kitu mah wali kota gawena naon?” heran wali kota Tasikmalaya, Budi Budiman, Sabtu, 31 Januari 2015.

Ia menegaskan, aturan itu kemungkinan akan diterapkan 2016 mendatang. Padahal, katanya, tahun ini RSUD dr. Soekardjo ditargetkan selesai membangun gedung khusus kelas 3. “Pas beres, kemudian ditarik ke provinsi. Sedih sebenarnya kita. Tadinya niat kita memfasilitasi sarana-prasarana kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Menurutnya, salah satu hal yang paling dikhawatirkan setelah rumah sakit tipe B itu bukan lagi aset kota adalah terganggunya pelayanan masyarakat. Pemkot tidak lagi punya kewenangan dalam mengelola rumah sakit.

“Tahun ini masih kita yang kelola (rumah sakit). Tapi kita pun belum tahu bagaimana juklak juknisna kalau nanti beberapa aset ditarik ke pusat atau ke provinsi. Yang saya khawatirkan adalah pelayanannya jadi ribet. Kasihan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Mereka tidak mau tahu kalau nanti rumah sakit sudah tidak lagi dikelola pemkot. Kalau bicara kesehatan, ujungnya pasti kita yang ada di daerah. Nanti, little-little to me, little-little to me,” tutur Budi. initasik.com|ashani

Komentari

komentar