Millah | initasik.com
Peristiwa

Semangat Gotong Royong Warga Tamanjaya Kota Tasikmalaya

initasik.com, peristiwa | Warga Tamanjaya, Kota Tasikmalaya, memiliki semangat bergotong royong. Kebersamaan masyarakatnya masih terjaga. Setiap Jumat biasa dilakukan bersih-bersih lingkungan bersama.

Belum lama ini, masyarakat setempat bahu-membahu bangun masjid jami. “Bukan hanya tenaga, tapi ada yang ngasih uangnya, makanan dan masih banyak lagi. Ibu-ibunya turut andil dengan memasak,” tutur Teteng Suhada, ketua RW 06, Kubangsari, Kelurahan Tamanjaya.

Kepedulian seperti itu bukan hanya di satu daerah, tapi sampai ke empat daerah, meliputi ke-DKM-an Kubangsari, Rancahaur, Sukasindang, dan Sindangreret.

“Setiap satu bulan sekali kita mengadakan kumpulan rutin, selain pengajian satu minggu sekali. Malahan hampir setiap malam kita suka kumpul. Semua ini dibangun atas dasar kesadaran dan kesukarelaan, tidak ada paksaan. Makanya selalu terlihat senang dan gembira,” paparnya.

Teteng menyebutkan, yang menjaga semangat kebersamaan tersebut adalah adanya komunikasi antarmasyarakat. Setiap akan ada sesuatu yang berhubungan dengan kemajuan kampung, semuanya dilakukan berdasarkan kesepakatan musyawarah. Berkeliling mengunjungi rumah warga untuk mendengarkan keinginan dan minta doanya.

“Sangat senang sekali melihat masyarakat kompak. Saling berbagi. Masyarakat selalu tergerak untuk membantu melalui tenaganya. Intinya, semua itu terbangun karena ada silaturahmi dan saling berkomunikasi,” tandasnya.

Asep Candra, tokoh masyarakat, mengaku bangga dengan masih terjaganya hubungan baik antarmasyarakat, di tengah gaya hidup individualistis. “Saya merasa bangga bahwa di kita masih ada persatuan dan kesatuan. Dengan kebersamaan, semua yang dianggap berat menjadi ringan,” imbuhnya. [Millah]