Informasi

Semua Air Terjun di Kabupaten Tasik Aset Perhutani


initasik.com, informasi | Ada banyak air terjun potensial di Kabupaten Tasikmalaya. Yang sudah terinventarisir ada 29 titik. Namun, semuanya itu merupakan aset Perhutani, sehingga Pemkab Tasikmalaya tidak bisa langsung serta merta mengelolanya.

Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya, Asep Saeful Bahri, mengatakan, untuk bisa menjadikan potensi air terjun itu sebagai destinasi wisata unggulan, pihaknya sudah membuat rancangan kerja sama dengan Perhutani.

“Memang diperlukan kerja sama dan kebersamaan antara Pemkab Tasikmalaya dengan Perhutani, karena semua air terjun yang ada di kita merupakan aset Perhutani. Tapi, itu sayang juga jika tidak dimakasimalkan,” tuturnya.

Ia mengaku, saat ini pihaknya sedang membuat rencana strategis untuk mengembangkan potensi air terjun yang sampai sekarang belum tersentuh pengelolaan. Kendati banyak air terjun yang sudah menjadi kunjungan favorit para penyuka alam, semuanya belum dikelola dengan baik. Kalaupun ada sentuhan, itu hanya alakadarnya hasil warga setempat.

“Supaya semua air terjun yang bagus-bagus itu memberikan manfaat besar, kita harus membangun di sana dengan membebaskan lahan dan membuat akses jalannya. Kita sedang mengarah ke sana,” tutur Asep.

Sebagai langkah awal, pihaknya akan mempertemukan pemerintah desa dengan Perhutani untuk membangun komunikasi dan kerja sama. “Mirip Gunung Galunggung. Di sana, kan, ada aset Perhutani juga, tapi sudah dikerjasamakan dengan kita, sehingga menjadi salah satu tujuan wisata unggulan,” sebutnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?