Informasi

Sentra Kerajinan Rajapolah Diwacanakan Pindah

initasik.com, informasi | Para pedagang di sentra kerajinan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, mengeluhkan penurunan omzet dari tahun ke tahun yang mencapai 50 persen. Pembeli tak seramai dulu.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, menilai, sepinya pembeli itu dampak dari pembangunan jalan layang yang menghubungkan Kabupaten Tasikmalaya ke Ciamis. “Masyarakat yang mau pulang kampung, tidak melewati Rajapolah lagi. Tapi kebanyakan melewati fly over itu, ujar Uu saat diwawancara di kompleks pendopo lama, Jumat, 6 Juli 2018.

Menurutnya, solusi terbaik agar sentra kerajinan Rajapolah bisa kembali berjaya adalah dengan memindahkan sentra tersebut ke tempat yang lebih representatif. “Kita terpaksa harus mengalah, karena kalau kita paksakan pengemudi untuk berbelok ke Rajapolah, itu tidak mungkin. Satu-satunya ya kita pindahkan sentra itu,” tuturnya.

Ada dua tempat yang akan menjadi pilihan, yaitu Jamanis dan Ciawi. “Kita masih perlu menginventarisir terlebih dahulu,” jawabnya saat ditanya realisasi wacana pemindahan tersebut. [Eri]