Informasi

Sepekan Jelang Pilgub Jabar, 2.407 Warga Kota Tasik Belum Perekaman KTP-el

initasik.com, informasi | Sepekan jelang pencoblosan pilgub Jabar, sekitar 2.407 warga Kota Tasikmalaya belum melakukan perekaman KTP elektronik, sehingga mereka terancam tidak bisa menggunakan hak suaranya.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tasikmalaya, Mujadi, mengatakan, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Saat cuti lebaran, misalnya, dinasnya tetap membuka pelayanan untuk melakukan perekaman bagi masyarakat. Menurutnya, dari 2.407 itu 60 persen di antaranya merupakan warga yang merantau.

“Namun, usaha kami untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di masa cuti lebaran tidak dipergunakan dengan baik oleh masyarakat. Selama membuka pelayanan di masa cuti lebaran itu, masyarakat yang melakukan perekaman E-KTP hanya 55 orang. Sehari cuman tiga, empat, sampai enam orang. Padahal kami buka dari pagi hari,” tuturnya saat ditemui di Kantor Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Kamis, 21 Juni 2018.

Saat disinggung soal hak akses pencoblosan pilgub bagi masyarakat yang merantau dan belum melakukan perekaman, Mujadi mengatakan itu di luar jangkauannya. “Yang jelas, e-KTP itu sangat penting. Bukan hanya untuk kepentingan Pilgub, tetapi untuk segala keperluan, baik untuk mengakses layanan pemerintah maupun nonpemerintah. Kalau tidak ada e-KTP, masyarakat akan sulit untuk mengakses pelayanan publik,” tandasnya. [Eri]