Birokrasi

Sertifikasi Tanah Berbanding Lurus dengan Peningkatan Ekonomi


initasik.com, birokrasi | Para pelaku usaha kecil dan menengah kerap terbentur surat jaminan pinjaman saat mengajukan bantuan ke lembaga keuangan seperti bank. Meski punya aset, mereka tidak bisa mendapat bantuan.

Demikian dikatakan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, usai menghadiri halal bihalal dan HUT Ikatan Notaris Indonesia ke-109, di Hotel Santika, Selasa, 11 Juli 2017. Untuk itu, bukti sah kepemilikan tanah penting dimiliki.

Menurutnya, sertifikasi tanah berbanding lurus dengan peningkatan ekonomi. “Salah satu kendala pengajuan modal ke perbankan seringkali karena tidak ada sertifikat tanah. Tidak punya jaminan. Padahal dia punya aset,” ujar Budi.

Sampai saat ini, sambungnya, di Kota Tasikmalaya masih banyak tanah yang belum bersertifikat. Jumlahnya baru 60 persen. “Kami ingin menuntaskan tiap kecamatan. Saat ini fokusnya ke Kecamatan Kawalu dulu. Target kita sebanyak-banyaknya. Semua bidang tanah harus memiliki sertifikat tanah. Dalam lima tahun ke depan harus tuntas,” tandasnya.

Kendati masih banyak yang belum bersertifikat, ia bersyukur di Kota Tasikmalaya tidak ada kasus sengketa tanah di tengah masyarakat. Sempat beberapa kali mencuat kasus sengketa, namun itu masih bisa dihadapi, seperti soal kepemilikan Alun-alun Indihiang dan tanah SMAN 5 Tasikmalaya.

“Dulu SMAN 5 Tasikmalaya sempat ramai juga, karena kelebihan tanah. Digugat, ujung-ujungnya minta kompensasi. Apa itu ada ormas LSM semacam itu. Padahal itu hanya beda ukuran beda antara kabupaten kota, sedangkan batas-batasnya tidak berubah. Ukurannya yang berubah. Mungkin dulu dan sekarang alat ukurnya berbeda. Loba teuing ormas LSM di urang teh. Perlu dibina,” papar Budi.

Menurutnya, yang terbaru adalah sengketa tanah di sepanjang Jl. Letnan Harun dan sekitarnya. Ada ahli waris keluarga yang mengaku memiliki sertifikat cap maung. “Untuk persoalan ini dibutuhkan kehati-hatian dalam mempelajari sejarah. Mafia itu kadang-kadang lebih lebih pintar. Para pelaku kriminal biasanya lebih cerdas dalam melakukan kejahatan,” ucapnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?