Psikologi

Sesekali Menangislah! Karena Ada Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapat

Menangis adalah ungkapan perasaan seseorang ketika terharu, sedih, ataupun bahagia. Selain menjadi cara untuk mengungkapkan perasaan, ternyata ada berbagai macam manfaat menangis untuk kesehatan jiwa dan raga yang terbukti bisa dijelaskan secara ilmiah. Berikut diantaranya.

1.Meningkatkan Mood

Dengan menangis, kadar mangan dalam tubuh seseorang bisa turun. Mangan berlebihan di dalam tubuh dapat memberi pengaruh suasana hati yang kurang baik seperti gelisah, cemas, dan gangguan emosi lainnya.

2.Melepas Stres

Hormon stres bisa dikeluarkan saat seseorang menangis. Tidak hanya itu, racun dalam tubuh juga ikut dibuang lewat air mata. Sebuah studi mengungkapkan bahwa menangis bisa menambah hormon endorfin yang membuat seseorang merasa lebih lega dan nyaman.

3.Membantu Melalui Situasi Sulit

Menangis memiliki manfaat psikologis dengan meningkatkan suasana hati dan membantu seseorang menghadapi kondisi sulit. Hal ini tentu memiliki dampak baik pula terhadap kesehatan fisik.

4.Membuat Perasaan Lega

Bagi mereka yang sedang frustasi, mengalami hari buruk, atau bersedih, menangis tentu akan membuat perasaan lebih baik.

Namun sebaiknya perhatikan beberapa hal sebelum Anda menangis seperti menangis di tempat yang nyaman dan tidak di tempat umum serta tidak boleh berlangsung berkepanjangan. Jika setelah menangis, suasana hati Anda lebih buruk, sebaiknya konsultasi dengan terapis atau psikolog.[kl]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentari

Komentari