Peristiwa

Setelah Dapat Rekor Dunia, Lalu Apa?

Kota Tasik | Sejarah baru ditorehkan di Kota Tasikmalaya. Tak tanggung-tanggung, dapat rekor dunia untuk pajangan selendang bordir terpanjang. “Hari ini MURI mencatat suatu karya kerajinan yang begitu luar biasa,” ujar Awan Rahargo, senior manager Museum Rekor – Dunia Indonesia (MURI), Minggu, 6 Desember 2015.

Dalam karnaval Tasikmalaya Creative Festival, MURI menganugerahkan piagam kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya sebagai pemrakarsa dan pembuatan selendang bordir terpanjang.

“Ini karya superlatif. Bukan hanya memecahkan rekor di Indonesia, tapi dunia. Dengan bangga dan hormat hari ini MURI mencatatnya dengan nomor urutan rekor 7230. Kami sudah memverifikasi, tahun 2004 ada selendang terpanjang di Sidoarjo, Jawa Timur, yang panjangnya 154 meter,” tutur Awan.

Tahun ini, sambungnya, rekor itu dikalahkan oleh Perwakilan BI Tasikmalaya yang memprakarsai pembuatan selendang bordir sepanjang 201,83 meter dan lebar 64 cm. Seledang dengan berat 30 kilogram itu berbahan shifon dengan jenis bordir krancang tawon dan motif bunga gacluk semprot. Karya itu dibuat oleh enam orang perajin binaan BI Tasikmalaya selama 1,5 bulan.

Kepala Perwakilan BI Tasikmalaya Wahyu Purnama mengatakan, pemecahan rekor itu merupakan penyemangat untuk mengembangkan kreativitas dan mencari jalan keluar atas kendala-kendala yang dihadapi pengusaha UMKM.

“Sejak ada masuknya barang-barang dari Cina, produk kita memang terganggu. Saya tidak bisa  menyebut angka, tapi yang jelas sebagian pasar kita dipenuhi oleh produk Cina yang lebih murah. Rekor MURI ini harus menjadi penyemangat kita dalam berinovasi,” paparnya.

Pernyataan senada disampaikan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman. “Setelah dapat rekor MURI, langkah selanjutnya tetap produktif dan menjaga kualitas, sehingga kita punya daya saing yang luar biasa. Nilai-nilai tradisional bordir kita jangan hilang. Jangan tinggalkan mesin tradisional, karena itu menjadi kekuatan kita,” tandasnya. initasik.com|shan

Komentari

komentar