Ekbis

Setiap Tahun 500.000 Meter Kubik Air PDAM Tasik Terbuang Percuma

initasik.com, ekbis | Sekitar 500.000 meter kubik air bersih PDAM Tirta Sukapura, Kabupaten Tasikmalaya, terbuang percuma dari total produksi sebesar 2 juta meter kubik yang seharusnya disalurkan kepada masyarakat.

Hal itu diakibatkan karena adanya kerusakan jaringan yang sudah tua, meteran yang sudah lapuk, hingga diakibatkan gangguan nonteknis dari galian yang setiap saat terjadi merusak jaringan.

“Target kami juga bagaimana menurunkan kebocoran yang mencapai 20 persen tersebut. Tetapi di sisi lain kalau dilihat dari pemakaian, polanya tidak ada yang berubah. Ada yang boros, namun ada pula yang kenyataannya tidak dipakai. Padahal jika dinominalkan ke dalam uang, jumlahnya sangat besar,” ungkap Dewan Pengawas PDAM Tirta Sukapura, Dadih Abdulhadi.

Untuk menekan tingkat kebocoran itu, PDAM Tirta Sukapura berencana melakukan penggantian meter ukur dan memasang meter induk di pusat untuk memudahkan pengecekan. Namun itu dibutuhkan investasi hingga Rp 60 miliar.

“Kami telah menyampaikan permohonan bantuan kepada PUPR yang telah diberikan sebelumnya dan juga tahun ini mendapatkan bantuan sebanyak 1.000 pelanggan, namun peruntukkannya bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” ujar Dadih.

Jika dilihat dari sisi organisasi pengelolaan, SDM, dan keuangan, PDAM Tirta Sukapura masuk dalam kategori yang cukup baik di Jawa Barat, serta menargetkan untuk bisa menjadi yang terbaik pada 2020 hingga 2021 mendatang. Pembenahan mutlak dilakukan, serta butuh investasi yang cukup besar. [Kus]