Peristiwa

Si Kohkol dan Mitos Lain Situ Gede

Kota Tasik | Ada banyak mitos yang berasal dari objek wisata Situ Gede, Kota Tasikmalaya. Bukan hanya si kohkol yang fenomenal itu, tapi masih berjajar cerita lainnya. Banyak yang percaya, namun tak sedikit juga yang menganggapnya dongeng belaka.

Tapi, bagi Jaenudin (67), warga setempat, cerita-cerita irasional yang sempat ramai di era 1970 s.d. 1980-an memang benar adanya. Malah ia mengaku pernah mengalaminya sendiri. Saat usia SMP, katanya, tanpa sengaja ia pernah menduduki punggung deleg (semacam lele) nyagak. Ukurannya sebesar perahu yang bisa muat sepuluh orang. “Tapi waktu itu saya tidak sadar kalau itu deleg nyagak,” ujarnya.

Bagaimana dengan si kohkol? “Saya belum pernah melihatnya. Tapi dulu ada yang meninggal dunia setelah melihat si kohkol. Katanya itu seperti ikan mas yang ukurannya sangat besar. Matanya melotot. Kupingnya sebesar kipas sate,” sebut Jaenudin.

Sekarang, sambungnya, cerita tentang si kohkol dan deleg nyagak itu jarang lagi terdengar. Tapi ia meyakini, keduanya fakta. Termasuk soal adanya keraton di bawah pulo (semacam pulau) yang ada di tengah-tengah Situ Gede, dan ular berlumut.

Dulu, katanya, ada orang yang tenggelam di Situ Gede tapi tidak diketemukan jasadnya. Dicari-cari tidak ada. Orang-orang menyangka dia telah meninggal dunia. Istrinya pun pasrah, dan kawin lagi. “Tiga tahun kemudian, ia muncul lagi. Katanya selama tiga tahun itu ia disuruh memberi makan ikan dan hewan lainnya di keraton yang ada di bawah pulo,” ucap Jaenudin. initasik.com|ashani

Komentari

komentar