Peristiwa

Siapa Bilang Santri Hanya Pintar Mengaji?

Kabupaten Tasik | Untuk kali pertama, Sanggar Seni Santri Sukamanah (S4) memerlihatkan karya seni rupa mereka kepada khalayak. Kedatangan para pejabat Kabupaten Tasikmalaya ke Ponpes KH Zainal Musthafa Sukamanah, beberapa waktu lalu, dijadikan kesempatan santri pecinta seni rupa untuk mempublikasikan karyanya.

Gayung bersambut. Banyak pejabat yang tertarik dengan karya mereka. “Ada orang Polres yang menyuruh kami main ke kantornya. Ia ingin dibuatkan karikatur. Saya sangat bangga bisa dipanggil. Soalnya ini pertama kalinya karya kami dipamerkan. Sebelumnya ada yang mengajak untuk pameran, namun kami tidak ikut,” tutur Ketua Bidang Kesenian Ponpes KH Zainal Musthafa Sukamanah, Fahmi Luthfi.

Menurutnya, sejak dua tahun lalu para santri mulai berkesenian rupa. Awalnya hanya beberapa orang, sekarang tercatat ada 15 orang yang ikut. “Sebenarnya dari dulu sudah ada kesenian di sini, namun hanya sebatas musik. Sekarang tidak lagi. Ke depan kami juga akan mebuat seni pahat. Kami belajar dari nol,” imbuh Fahmi.

Kendati dilingkupi serba keterbatasan, tak membuat patah semangat para santri untuk membuat karya. Soalnya, selain hobi juga bisa menghasilkan uang untuk bekal di pesantren. “Karena senang corat-coret, mereka rela berkorban untuk patungan membeli alat lukis. Pameran ini mengusung tema Sukamanah in kanvas. Sebagian sudah ada yang menghasilkan. Namun kami tujuannya bukan untuk dijual. Tapi kalau memang mau ada yang beli, ya silakan,” tandasnya. initasik.com|asm

Komentari

komentar