Informasi

Simposium Caldera; Jawaban Bagi “Fresh Graduates” dan Pencari Kerja

initasik.com, informasi | Penduduk usia produktif di Indonesia sedang dihadapkan pada kondisi dan kemungkinan bonus demografi yang diproyeksi berlangsung 2020 s.d. 2030 mendatang. Sebanyak 13,5 juta penduduk akan bersaing kompetensi, kualifikasi, dan kondisi ketenagakerjaan yang semakin meningkat.

Berdasarkan penelitian Integrity Development and Flexibility (IDF), sebanyak 87 persen mahasiswa Indonesia salah memilih jurusan pada saat memasuki perguruan tinggi, sehingga  berdampak pada karier di dunia kerja yang cenderung tidak sesuai dengan “passion” tenaga kerjanya.

Pada akhirnya, muncul higher education paradox, yakni keadaan yang menunjukkan tingkat produktivitas lulusan perguruan tinggi lebih rendah dibanding lulusan sekolah menengah. Hal itu didukung oleh kebutuhan industry professional padat karya dengan komposisi kebutuhan dalam jumlah yang besar, sedangkan lulusan perguruan tinggi dicetak tanpa memperhatikan kebutuhan industri sebenarnya (mismatch labor supply).

Itulah yang melatarbelakangi digagasnya acara Seminar dan Simposium Caldera (Career Learning, development, research, and assessment) oleh ABALOQ Social Development Enterprise.

Seminar dan simposium yang mengupas tuntas dunia kerja, ketenagakerjaan, dan keberadaan teknologi di dunia profesional itu diselenggarakan 18 Desember 2017 mendatang di hotel Santika Tasikmalaya dengan mendatangkan enam orang ahli sebagai pemateri di antaranya Yudi Cahyadipura, account directir perusahaan telekomunikasi nasional; Batara Indra, senior analyst perusahaan migas nasional; Domi Andrey Pardomuan, senior consultant and assessor certified wealth managers association; Boyke Nurhidayat, head of IT televise swasta nasional; dan dua expert dari Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH (lembaga kerjasama pemerintah Jerman).

Acara itu menyasar fresh graduate, mahasiswa tingkat akhir, serta pencari kerja di Tasikmalaya dan sekitarnya. Seluruh rangkaian acara diarahkan untuk mengenalkan peserta pada dunia kerja. Adapun rangkaian jadwalnya adalah pendaftaran melalui seminar.abaloq.com, gelombang I pada 21 s.d. 30 November 2017; gelombang II pada 1 s.d. 8 Desember 2017; seleksi administrasi 5 Desember 2017;  wawancara dan Focus Group Discussion 6 s.d. 13 Desember 2017; simposium pada 18 Desember 2017. ***

Komentari

komentar