Ekbis

Sinarjaya Kota Tasikmalaya Berjaya Tanam Pepaya Calina


initasik.com, ekbis | Warga di Sinarjaya, Kelurahan Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, dominan bertani pepaya. Hampir 75 persen masyarakatnya menanam pepaya jenis calina alias California-Indonesia.

Mereka ada yang menanam di lahan sendiri atau sewa tanah. Salah satunya Momon. Ia menekuni usaha itu sudah hampir delapan tahun. Sejak 2010. Bandar-bandar buah di Kota Tasikmalaya dapat pasokan pepaya darinya. Bahkan sudah melebar ke pasar-pasar di luar kota.

Menurutnya, usaha tanam pepaya prospeknya bagus. Satu pohon bisa berbuah selama tiga tahun sampai empat tahun dan menghasilkan 30 kg hingga 40 kg. “Mulai bisa panen dari umur empat bulanan,” sebutnya.

Keberhasilan Momon dalam menanam pepaya menginspirasi warga lainnya, sehingga banyak yang mengikutinya dengan memanfaatkan lahan kosong yang sebelumnya tidak dipakai. Bahkan warga dari daerah lain banyak yang berguru padanya.

Ia menyebutkan, pepaya Calina memiliki kualitas yang bagus. Rasanya manis. Kini, lebih dari 100 hektar tanah di sana ditanami pepaya. Ada yang milik pribadi atau sewa pakai dan bagi hasil. [TS]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?