Informasi

Siswa SDN 6 Singaparna Pagi Nyanyi Lagu Nasional, Siang Lagu Daerah


initasik.com, peristiwa | Ada yang menarik di SDN 6 Singaparna saat akan memulai pelajaran dan menjelang pulang. Di pagi hari, para siswa di tiap kelas suka menyanyikan lagu-lagu nasional. Siangnya juga begitu. Bedanya, yang dinyanyikan lagu daerah.

Kepala SDN 6 Singaparna, Isye Rosita, mengatakan, hal ini ditujukan agar anak-anak bisa melestarikan lagu nasional dan lagu daerah. Selain itu, diharapkan tumbuh kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Pembiasaan itu sudah dilaksanakan sejak 2016. Lagu-lagu daerah yang dinyanyikan misalnya gundul pacul, apuse, soleram, dan pupuh. Lagunya dipilih yang mudah dihapal. “Selain untuk membangun rasa cinta terhadap tanah air, menyanyikan lagu-lagu nasional menjadi pengetahuan tambahan bagi setiap siswa agar mereka tahu bahwa di negara tercinta ini ada banyak sekali lagu milik sendiri,” tuturnya.

Begitupun dengan lagu-lagu daerah. Dengan menghapal dan menyanyikannya, tanpa sadar mereka telah diajarkan tentang keberagaman budaya yang menjadi salah satu kekuatan Indonesia. Para peserta didik jadi tahu bahwa negara ini dihuni oleh banyak suku. [Eri]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?