Edukasi

Siswa SMP IT Manarul Hikam Hafal Alquran di Taman Gebu

initasik.com, edukasi | Para siswa SMP IT Manarul Hikam, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, punya gaya berbeda saat menghafal Alquran atau belajar bahasa Arab dan Inggris.

“Kita ada tahfidz on the road, setiap hari Ahad di Gebu. Ini sudah empat tahun diselenggarakan. Biasanya kan di masjid, ini untuk menghindari rasa jenuh. Untuk mendapatkan inspirasi baru, sambil liburan juga. Menyampaikan juga pada masyarakat bahwa belajar itu tidak harus melulu di kelas,” tutur Fahmi Muhammad Fauzi, pembimbing dan juga guru Bahasa Arab.

Menurutnya, menghafal Alquran dan penguasaaan dua bahasa asing itu merupakan program unggulan sekolah. Semua siswa diwajibkan mengikuti ekstrakurikuler bahasa Inggris dan bahasa Arab. Dalam sepekan, jadwalnya masing-masing dua kali.

“Itu sudah berjalan selama lima tahunan. Ini lebih pada kebutuhan siswa untuk menopang kelak ketika dewasa. Ini juga menjadi pembeda dari sekolah lain. Soalnya kan kalau sekolah yang berbasis pesantren identiknya dengan kitab kuning saja. Kalau di sini, kita tekankan juga untuk belajar bahasa Inggris,” terangnya.

Terbukti, ketika siswa yang memiliki kemampuan lebih di bidang tersebut, anak bisa melanjutkan ke sekolah favorit, mengajarkannya di lingkungan sekitar, dan masih banyak lagi. Memiliki kebanggaan tersendiri.

“Sistem pengajarannya bukan hanya teori, tapi ada praktiknya. Misalnya anak-anak diajak ke Kampung Naga, di sana suka ada turis. Mereka menjadi guide, anak-anak terlihat cepat untuk memahami bahasa. Tidak jenuh juga. Dengan berada di lapangan, mereka bisa menambah life skillnya,” ungkapnya.

Selain itu, setiap Senin peserta didik dibiasakan untuk memakai bahasa Inggris, Selasa bahasa Arab. “Seminggu dua kali kita mencoba untuk menerapkannya. Itu program unggulan. Ada juga program penerimaan siswa gratisw. Bagi mereka yang tidak mampu atau putus sekolah bisa sekolah dan mondok di pesantren tanpa dipungut biaya,” tandasnya. [Millah]