Edukasi

Siswa SMPN 15 Kota Tasik Buat Tempat Sampah dari Sampah

initasik.com, edukasi | Kreativitas anak-anak SMPN 15 Kota Tasikmalaya patut ditiru. Mereka membuat tempat pembuangan sampah dari sampah. Bekas botol air mineral diisi plastik dan kertas, kemudian disatukan dan disusun menjadi bentuk kotak.

Bukan hanya itu, sampah-sampah yang biasa ada di sekolah diolah, sehingga menjadi barang yang bermanfaat. Upaya itu merupakan salah satu cara menanamkan cinta lingkungan kepada anak-anak remaja.

Untuk mengumpulkan sampah, sekolah membuat bank sampah. Setiap kelas punya keharusan setor sampah organik dan nonorganik untuk ditimbang dan dicatat. Hasil dari penjualan sampah tersebut akan diuangkan selama satu semester sekali.

Sementara sampah-sampah yang bisa dimanfaatkan, diolah kembali menjadi barang yang berguna. Salah satunya tong sampah itu. Affi Endah Navilah, kepala SMPN 15 Kota Tasikmalaya, mengatakan, pihaknya mengajak para siswa untuk selalu berpikir solutif dan kreatif.

Mereka dibiasakan hidup sehat dan belajar memanfaatkan barang-barang yang sudah dianggap tidak berguna, sekaligus menanamkan jiwa wirausaha melalui bank sampah. Tak heran, sekolah tersebut menjadi salah satu wakil dari Kota Tasikmalaya untuk mengikuti
perlombaan adiwiyata tingkat nasional. [TS]