ojhon | initasik.com
Keluarga

Siti Fatimatuzahro’i; Siang Mengajar di Sekolah, Sore Membimbing Anak-anak Mengaji di Rumah

initasik.com, keluarga | Siti Fatimatuzahro’i, S.Ag, M.Pd.I adalah guru di SMPN 1 Pancatengah. Ia menginspirasi. Jatah hidupnya digunakan sebaik mungkin. Ia paham, sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain.

Tak heran, selain mengajar di sekolah, ia punya pengabdian lain. Siang mengajar, sore membimbing anak-anak. Di rumahnya, Siti membuka pengajian bagi anak usia TK sampai lulusan SMA.

“Kita ingin mendidik mereka agar selalu anak-anak yang baik. Islam adalah agama terbaik. Itu harus dipahami anak-anak. Kalau tidak diajarkan sejak dini, kelak akan kerepotan. Mereka bisa salah jalan. Salah pergaulan,” tuturnya.

Ia menyebutkan, pengajian di rumahnya dimulai pukul lima sore. Waktunya sengaja dipilih mendekati magrib agar mereka bisa salat berjamaah. Bukan hanya magrib, tapi isya juga. “Pelajaran yang saya berikan beragam, mulai dari ilmu tajwib, fiqih, kitab kuning dan lain-lain. Setiap hari pelajaran yang mereka dapatkan berbeda, disesuaikan dengan jengjang pendidikan formalnya,” papar Siti.

Untuk menanamkan mental disiplin pada diri anak-anak, Siti menerapkan peraturan yang sudah disepakati bersama. Misalnya, kalau ada anak yang tidak mengaji dengan alasan malas atau tanpa keterangan, mereka harus membayar denda. Jika sudah cukup, uang dendanya itu dipakai untuk membeli kitab yang bisa dipakai oleh siapa saja. Ojhon

Komentari

komentar