Edukasi

SMK MJPS 2 Tasikmalaya Stimulasi Siswa Agar Menjadi Manusia Berkarakter

initasik.com, edukasi | SMK MJPS 2 Tasikmalaya memiliki program terarah untuk mewujudkan siswa-siswinya menjadi manusia berkarakter. Dengan berbekal iman dan taqwa (imtaq) dan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), siswa-siswi SMK MJPS 2 Tasikmalaya didorong untuk memiliki kegiatan positif. Salah satunya lewat ekstrakulikuler.

Menurut wakasek kesiswaan sekaligus wakasek kurikulum SMK MJPS 2 Tasikmalaya, Dra. Popong, ada beberapa kulikuler yang paling diminati oleh siswa. “Paskibra termasuk ekskul favorit di sini. Peminatnya banyak. Karena anak-anaknya aktif dalam berlatih, hasilnya mereka mampu menyabet beberapa prestasi,” katanya kepada initasik.com.

Salah satu prestasi terbaru yang pernah diraih ekskul Paskibra SMK MJPS 2 Tasikmalaya adalah menjadi juara 3 dalam lomba ekskul Paskibra se-Jawa Barat di MAN Cipasung pada bulan Januari 2017 lalu.

Tidak hanya itu, siswa-sisw juga aktif dalam mengembangkan ekskul karinding, seni budaya asli sunda. Menurut Dra. Popong, mempelajari budaya ada kaitannya dengan perkembangan karakter seseorang. “Dengan mengenal dan mempelajari budaya sendiri, seseorang bisa lebih mudah dalam menerima berbagai pandangan dan bisa lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru,” katanya.

Untuk urusan kebersihan, SMK MJPS 2 Tasikmalaya mengandalkan seluruh warga sekolah untuk bersama-sama memeliharanya. “Baik guru, staf, ataupun siswa-siswi memiliki tanggung jawab sama untuk menjaga kesehatan karena kami tidak mempekerjakan penjaga sekolah di sini,” kata Dra. Popong. [kl]