Ekbis

Sulit Dapat Rumput, Dede Rusli Berhasil Budi Daya Kambing Sapera

initasik.com, ekbis | Di tengah sulitnya mendapatkan rumput untuk pakan kambing, Dede Rusli mencoba membudidayakan kambing sapera alias saanen peranakan etawa di lahan berukuran 8 x 12 meter.

Warga Babakan Tengah, Kersamenak, Kawalu Kota Tasikmalaya, itu mencoba memberi pakan kambingnya menggunakan limbah pertanian yang telah diolah sebelumnya, yaitu pohon jagung yang telah dipermentasi, limbah kacang kedelai dari tahu, serta limbah produksi nanas.

Ternyata hasilnya bagus. Anak-anak kambing yang diurus sendiri tanpa indukan itu bisa sehat dan bertubuh kuat, serta menghasilkan susu lebih banyak dari kambing perah peranakan etawa.

Selain memperbanyak indukan untuk produksi susu, kambing sapera milik Dede dijual anakannya juga. Harganya juga mulai merangkak naik, karena kualitas kambing yang sangat baik. Lebih besar dari kambing lainnya.

Peternakan kambing punya Dede Rusli kini mulai dilirik banyak pengusaha yang ingin membudidayakan secara besar-besaran. Itu lantaran kualitas daging dan produksi susunya lebih besar. [TS]