Peristiwa

Sungai Penuh Sampah, Wali Kota Tasik: Bukan Sepenuhnya Tugas Pemerintah

initasik.com, peristiwa | Hampir semua sungai di Kota Tasikmalaya dipenuhi sampah, terlebih saat ini musim kemarau. Seperti yang terjadi di sungai belakang Pendopo Lama. Kondisinya menjijikan. Di sepanjang aliran sungai banyak sampah menumpuk.

Yeni, warga sekitar, menyebutkan, sungai aliran Ciromban itu sebelumnya jarang ada sampah. Keadaan berubah sejak dua tahun ke belakang. Sungai mulai dangkal dan dipenuhi sampah yang biasa terbawa arus.

Menurutnya, warga sekitar sudah mencoba untuk mengangkat sebagian sampah yang ada. Namun, lantaran banyak, hal itu masih terus terjadi sampai saat ini. “Yang membuang sampah bukan masyarakat di sini. Justru kami yang membersihkannya. Ini sampah bawaan, tidak tahu dari daerah mana,” ujar Yeni saat ditemui di halaman rumahnya, Senin, 10 September 2018.

Sungai di daerah Jalan Petir dan Empang pun sama. Banyak sampah dan kotor. Di waktu-waktu tertentu sampah yang entah buangan dari mana memenuhi sungai. Permukaan sungai bukan lagi air, tapi sampah.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengatakan, pihaknya akan segera mengevaluasi. “Sebenarnya, utuk masalah lingkungan, terutama sampah, bukan sepenuhnya tugas pemerintah. Perlu keterlibatan masyarakat, khususnya dalam membuang sampah agar jangan sembarang,” tandasnya.

Saat disinggung soal anggaran pemeliharaan sungai, Budi menyebutkan ada, namun untuk masalah besarannya harus dievaluasi. “Nanti di tahun 2019, sambil membahas APBD,” ujarnya. [Eri]