Ist | Rls
Informasi

SWI Kabupaten Tasik Antisipasi Jerat Investasi Ilegal

initasik.com, informasi | Satgas Waspada Investasi (SWI) Kabupaten Tasikmalaya bergerak untuk mengingatkan masyarakat agar tidak mudah tergiur oleh iming-iming keuntungan besar dari berinvestasi di lembaga yang statusnya belum jelas, bahkan ilegal.

“Biasanya, pelaku investasi ilegal merayu korbanya dengan bunga investasi yang tidak rasional, dibanding dengan bunga bank sekalipun,” sebut Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya, Asep Riswandi saat memimpin Forum Group Discusion tim SWI Kabupaten Tasikmalaya, di kantor OJK Tasikmalaya, Jumat, 13 Oktober 2017.

Selain itu, sambung Asep, pola rekrutmen anggota menggunakan cara pengkaderan melalui seminar-seminar yang bertujuan untuk menambah anggota. Untuk mengantisipasi meluasnya korban investasi ilegal, Asep mengajak seluruh anggota SWI Kabupaten Tasikmalaya untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada pelaku industri jasa keuangan dan masyarakat, terutama tentang penghimpunan dana dan pengelolaan investasi.

Ia menjelaskan, program kerja SWI di antaranya memberikan edukasi kepada masyararakat luas dan menyediakan call center, koordinasi antarinstitusi, serta pemeriksaan bersama untuk memperoleh data informasi secara langsung terhadap pihak-pihak yang terduga melakukan kegiatan investasi ilegal. [Rls]