Informasi Pesantren

Tabligh Akbar di Tasik Festival 2022 Berjalan Khidmat

initasik.com – Kabupaten Tasikmalaya menyambut Hari Ulang Tahun (HUT)-nya ke 390. Banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan termasuk Tasik Festival 2022. Tasik Festival dijadwalkan dari 22-26 Juli 2022. Diantara rangkaian yang menarik adalah adanya tabligh akbar yang menghadirkan mubaligh kondang “Gus Muwafiq” dari Yogyakarta pada tadi malam, Minggu (24/7/2022).

Tabligh akbar dimulai setelah salat isya, namun warga Tasikmalaya terutama santri sudah tampak memenuhi lokasi sejak magrib. Meski sempat turun hujan, acara tetap berjalan. Para mustami’ memilih berpayung dan duduk di depan panggung untuk simak ceramah, dari pada mebubarkan diri. Tak lama, ketika KH. Ahmad Muwafiq atau lebih dikenal Gus Muwafiq, duduk di podium, hujan pun reda.

Acara berlangsung khidmat, pembahasan dari Gus Muwafiq pun sangat berisi tapi dikemas dengan sangat sederhana sehingga mudah di cerna.

Secara garis besar, Gus mengingatkan warga Tasik bahwa terbentuknya Tasikmalaya itu hasil keringat dan tumpaham darah ribuan orang para pejuang.

“Di Singaparna, KH.Z. Musthafa berperang melawan Belanda dan Jepang,” ucapnya.

Selain itu, beliau menyampaikan bahwa tatanan Indonesia sudah islami karena dibentuk dahulunya oleh para wali dan penerusnya. Kemudian, Gus Muwafiq membahas pentingnya sebuah gotong royong.

“Baik itu tidak bisa berdiri sendiri, (harus bersama-sama),” jelasnya.