Informasi

Tahun Depan, Disdukcapil Kota Tasik Targetkan Semua Pegang KTP Elektronik

initasik.com, informasi | Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya saat ini tengah melakukan program Kelurahan Sadar Admindo (KESA). Itu merupakan salah satu upaya menjaring para wajib KTP pemula.

Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Imih Misbahul Munir, mengatakan, dengan program itu petugas siap siaga  di satu kelurahan untuk memproses semua kebutuhan administrasi kependudukan masyarakat, seperti KTP elektronik, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan lainya.

Namun, sementara program tersebut baru berjalan di Kelurahan Cigantang. Setelah semua penduduk di Kelurahan Cigantang menyelesaikan dokumen kependudukanya, baru dilanjut ke kelurahan lain. “Agar semua masyarakat punya dokumen kependudukan. Pokoknya tahu beres. Gratis. Tanpa pungutan biaya,” ujarnya, Senin, 3 September 2018.

Selain itu, Imih mengatakan, saat ini pihaknya tak akan serta merta mengeluarkan Surat Keterangan (Suket) kepada para wajib KTP elektronik pemula, karena di tahun depan seluruh masyarakat wajib KTP ditargetkan memiliki KTP elektronik.

“Saya sudah instruksikan tidak boleh lagi menerbitkan Suket, kecuali yang benar-benar darurat. Kalau sudah penunggalan NIK dan datanya sudah terekamam, langsung cetak saja,” tandasnya. [Eri]