Iptu Dede Darmawan | Jay/initasik.com
Informasi

Tak Ada Program Bea Balik Nama Kendaraan Gratis di Kota Tasik

initasik.com, informasi | Akhir-akhir ini warga Kota Tasikmalaya dibuat bingung dengan adanya informasi di media sosial soal pemutihan pajak dan bea balik nama kendaraan gratis. Mereka bertanya-tanya kebenaran kabar tersebut.

Kanit Regident Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Dede Darmawan, menjelaskan, saat ini program tersebut tidak ada di wilayah hukum Kota Tasikmalaya. Sedangkan yang tersebar di media sosial itu berlaku di daerah lain.

“Kalau untuk yang namanya pembebasan pajak kendaraan atau keringanan pajak, itu kaitannya dengan peraturan gubernur. Kita mengacunya ke sana. Untuk wilayah Jawa Barat, khususnya Kota Tasikmalaya, belum ada lagi kebijakan tersebut,” papar Dede saat dikonfirmasi, Kamis, 9 November 2017.

Menurutnya, beberapa waktu yang lalu di Samsat Kota Tasikmalaya pernah ada program serupa. Sekarang sudah tidak lagi. Itu berlaku di seluruh wilayah Jawa Barat, mulai Juni 2016 s.d. akhir Desember 2017.

Terkait hal lain, Dede memaparkan tentang masih banyaknya wajib pajak kendaraan yang belum menunaikan kewajibannya. Dari 450 ribuan kendaraan bermotor yang ada di Kota Tasikmalaya, sekitar 70 ribu kendaraan tidak melaksanakan kewajiban bayar pajak.

Untuk menekan angka itu, kepolisian bersama instansi terkait menggelar operasi kendaraan tidak melaksanakan daftar ulang (KTMDU). “Kami mengimbau masyarakat untuk taat membayar pajak kendaraannya agar tetap tenang saat di jalan raya, karena kendaraan yang tidak dibayar pajaknya bisa ditilang,” tandas Dede. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?