Dok. initasik.com
Informasi

Tak Ada Tenaga Ahli Alasan Air Mancur Hazet Sering Macet

initasik.com, informasi | Air mancur di Jalan Hazet Kota Tasikmalaya, tepatnya depan salah satu rumah sakit swasta, sering macet. Terkadang airnya tidak keluar. Mati. Sekalinya jalan, alirannya tidak konstan. Bahkan beberapa kali pernah muncrat ke jalan.

Proyek senilai hampir Rp 500 juta itu berkali-kali diperbaiki, namun hasilnya tidak memuaskan. Air tidak memancur baik. “Itu karena ada masalah teknis dari penampungan airnya,” dalih Kepala Dinas Perawaskim, Kota Tasikmalaya, Yono S Karso, Senin, 27 Agustus 2018.

Yono menuturkan, air mancur Hazet sering bermasalah lantaran tidak ada tenaga ahli khusus yang memiliki kemampuan mengoperasikannya. Menurutnya, air mancur itu masih mengandalkan sumur bor untuk penampungan airnya.

Pada saat musim kemarau sumur bor tersebut sering mengalami penguapan, sehingga mengering. Akibatnya, suplai air kedalam nozzle berkurang dan daya pancarnya tidak normal. Saat ini pihaknya masih mengandalkan pihak ketiga apabila ada masalah.

Untuk itu, ia berencana melatih para petugasnya untuk bisa mendalami permasalahan seputar hal itu. “Agar kendala yang mungkin terjadi di kemudian hari bisa lebih cepat diperbaiki tanpa harus menunggu tenaga outsourching,” tandasnya. [Eri]