Informasi

Taman Setda Kabupaten Tasik Dipercantik, Jadi Tempat Edukasi Flora

initasik.com, informasi | Taman Setda Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di dekat gedung DPRD, tengah dipercantik. Kelak, kalau sudah jadi, bila dilihat dari atas maka bentuknya akan menyerupai motif batik khas Tasikmalaya, yakni batik Sukapura.

Kepala Bidang Bangunan Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan dan Permukiman  Kabupaten Tasikmalaya, Yafit Khairul Afnan, mengatakan, alasan taman ini dipercantik karena memang kondisinya sudah rusak.

Selain mempertimbangkan sisi keindahan, minimalis dan natural, taman ini juga bakal mengedepankan sisi edukasi. Taman ini akan ditumbuhi berbagai macam jenis bunga hias, seperti lavender, bunga lily, bunga anyelir, dan bunga seruni. Juga akan dibangun sebuah sarana air mancur, burung merpati, dan danau buatan.

“Taman setda ini juga berfungsi untuk ekologis, rekreasi, dan edukatif. Di sisi edukasi, misalnya, sebagai sarana untuk belajar menambah pengetahuan tentang beragam flora dan lingkungan secara langsung maupun tidak langsung,” ujarnya.

Taman yang dibangun dengan anggaran Rp1,6 miliar ini ditargetkan beres di akhir tahun. Jika sudah beres, masyarakat bisa bebas mengakses taman ini dan diharapkan mendapatkan pengetahuan baru tentang jenis-jenis tumbuhan, apalagi rencananya di taman ini akan dibuat tempat untuk burung merpati, sehingga masyarakat bisa mendapatkan hiburan dengan memberi makan burung-burung merpati. [wrd/initasik.com]