Informasi

Tangani Orang Gangguan Jiwa, Pemkot Tasik Klaim Kerja Sama dengan Yayasan Mentari Hati

initasik.com, informasi | Pemkot Tasikmalaya mengklaim telah bekerja sama dengan Yayasan Mentari Hati dalam menangani orang-orang yang mengalami gangguan mental. “Mereka (yayasan) sudah bekerja sama dengan kami dalam penanganan masalah sosial di Kota Tasikmalaya,” ujar Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya, Nana Rosadi, Selasa, 20 Februari 2018.

Ia mengatakan, pemerintah belum mempunyai pusat rehabilitasi untuk menangani orang-orang bermasalah. Karena itu, pembangunan rumah singgah terpadu menjadi skala prioritasnya di tahun ini. “Lokasinya di Tamansari. Di sana lahannya luas. Bisa juga ada rumah tahanan,” sebutnya.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, setidaknya dibutuhkan 5 hektar sampai 6 hektar. Selain dibangun sebagai rumah singgah, sisa lahan juga dipakai untuk aktivitas para penyandang keterbelakangan mental. “Mereka harus beraktivitas. Harus bergerak. Kalau lahan luas, mereka bisa leluasa beraktivitas. Agar kesehatannya semakin baik,” tandasnya.

Selain pendirian rumah singgah, angka kemiskinan juga menjadi perhatiannya. Nana menyebutkan, kemiskinan bisa berpengaruh pada jumlah orang sakit jiwa. Untuk itu, pihaknya melakukan pemberdayaan masyarakat dengan membuat kelompok usaha bersama.

“Kami selalu perhatikan masalah itu, karena Dinas Sosial juga sebagai leading sector penanganan kemiskinan. Untuk itu, pemberdayaan akan selalu kami lakukan,” imbuhnya. [Eri]