Informasi

Tanggung Biaya Perjalanan Haji, Pemkab Tasik Siapkan Rp 1,3 Miliar

initasik.com, informasi | Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan menanggung biaya perjalanan haji, mulai berangkat sampai pulang, termasuk kebutuhan makan dan minumnya. Tahun ini, Pemkab Tasik menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,3 miliar.

“Insya Allah ketika ada niat baik, maka Allah Subhanahu wata’ala akan memberikan jalan terbaik demi kelancaran dan kenyamanan seluruh tamu Allah,” ujar Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, dalam pelepasan jemaah calon haji dari Kabupaten Tasikmalaya, di aula IAIC, Singaparna, Senin, 1 Juli 2019.

Dijelaskan, pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, seluruh biaya keberangkatan para calon jamaah haji (calhaj) mulai dari daerah hingga embarkasi Bekasi atau asrama haji maupun sebaliknya, ditanggung oleh pemerintah. Termasuk jamuan makan dan minum untuk para jemaah selama dalam perjalanan.

Berdasarkan Peraturan Darah tentang penyelenggaraan ibadah haji Kabupaten Tasikmalaya, angka bantuan dianggarkan sebesar Rp 500 juta. Namun, setelah dilakukan negosiasi cukup panjang, pemerintah daerah menyatakan akan mengupayakan memenuhi seluruh kebutuhan keberangkatan jamaah haji dengan angka sebesar Rp 1,3 miliar.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Usep S. Muhtar, menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Tasikmalaya. “Alhamdulillah kami sangat bersyukur dengan apa yang telah disampaikan Bupati Tasikmalaya. Ini akan meringankan biaya perjalanan tamu-tamu Allah Subhanahu wata’ala. Ini sangat membanggakan, karena akan meningkatkan pelayanan demi mewujudkan kelancaran dan kenyamanan para calon haji,” paparnya.

Menurutnya, di Jawa Barat belum semua kota atau kabupaten yang memiliki Perda seperti di Kabupaten Tasikmalaya. “Ini perjuangan tidak mudah. Hari ini, kita sama-sama mendengar kesiapan Bupati Tasikmalaya untuk menutupi seluruh kebutuhan biaya pemberangkatan jamaah haji,” tambah Usep. [Han/initasik.com]