Desa Ekbis Informasi Keluarga Kesehatan Seni Budaya Sentra Industri

Tasik Festival 2022, Menaburkan Berkah Kepada Semua

initasik.com – Kabupaten Tasikmalaya Menggelar Tasik Festival 2022. Acara itu dimulai sejak tanggal 22 sampai dengan 26 Juli 2022. Hari terakhir pun pengunjung semakin ramai. Terlebih setelah upacara, ada parade jampana, (26/7/2022).

Kemarin, pedagang asongan dan kaki lima mengaku mendapatkan laba meningkat 3 kali lipat di Tasik Festival 2022. Tak hanya pedagamg asal Kabupaten Tasik saja, namun ada juga para pedagang dari luar Tasik yang mendapatkan berkah dari acara ini.

Kegiatan yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan bergotong royong dengan semua pihak termasuk masyarakat itu, melimpahkan banyak keuntungan juga bagi pengunjung. Di bazar mereka mendapatkan harga yang terjangkau, mendapatkan komoditi khas daerah tanpa harus pergi jauh ke produsennya karena ada di sini. Kemudian, warga Tasikmalaya disuguhi kesenian sumda dan parade band lokas bahkan dangdut. Pelayanan adminitrasi kependudukan, pelayanan vaksin dan cek keesehatan pun didapatkan di ajang Tasik Festival 2022 ini.

Kini di hari terakhir, pengunjung mendapatkan lagi jampana. Selain menikmati keindahan seni jampana tersebut, warga Tasikmalaya pun mendapatkan isinya secara gratis.

Secara sederhana, jampana adalah semacam tandu yang dihiasi denga miniatur bangunan yang menjafi ikon dari suatu wilayah. Dalam parade ini, setiap Desa se-Kabupaten Tasikmalaya dipersilahkan untuk unjuk kebolehan hasil kreasinya. Uniknya, hampir setiap Desa memiliki khas tersendiri. Meski isi jampana semua Desa itu sama, yaitu hasil bumi dan hasil olahan khas Desa masing-masing, namun bentuk jampananya berbeda-beda. Sangat kreatif dan mengandung filosofi.

Setiap Desa pun memberikan penjelasan terkait jampana yang di parade kan. Semuanya mengacu pada sejarah dan khas yang ada di Desa nya. Semua tidak melupakan sejarahnya.

Hampir semua Desa memberikan hasil kreasi dan hasil tani nya untuk Bupati Tasikmalaya, Wakil Bupati, Ketua DPRD yang hadir di atas panggung. Ada yang memberikan pete, duren, gula merah, gula semut, gulampo, sayuran, dan lain sebagainya.

Melimpah ruah hasil tani di Kabupaten Tasikmalaya. Euforia masyarakat pun tak tertahankan ketika isi jampana menjadi warung amal yang boleh dinikmati pengunjung.

Masyarakat berebut mengambil isi jampana untuk dibawanya pulang. Itu menjadi sebuah oleh-oleh gratis yang dapay dinikmati bersama keluarga. Semua “angkaribung” dengan hasil bumi dan tertawa lepas. Gambaran kebahagiaan. Hari ini, tampak sekali Hari Ulang Tahun yang dinikmati semua elemen di Kabupaten Tasikmalaya.