Peristiwa

Tasik Motekar Kembali Digelar; Mulasara Babad Wirawangsa

initasik.com, peristiwa | Kabupaten Tasikmalaya memasuki usia yang ke-387. Perjalanan panjang itu dimulai pada 26 Juli 1632. Itu berdasarkan piagam Sultan Mataram pada 9 Muharam Tahun Jim Akhir atau tanggal 26 Juli 1632 yang mengangkat Ngabehi Wirawangsa sebagai bupati pertama Sukapura dengan gelar Tumenggung Wiradadaha Sukapura.

Sebagai bupati pertama Tasikmalaya, nama Wirawangsa harus diangkat kembali sebagai pengingat sejarah, sehingga diketahui masyarakat luas. Untuk itulah, dalam peringatan Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya yang dikemas dalam Tasik Motekar 2019 mengusung tema “Mulasara Babad Wirawangsa”.

Perayaan hari jadi tahun ini dipastikan bakal lebih gebyar dengan tidak melupakan entitas-entitas kesejarahan dan tentunya memberikan hiburan sarat pesan kepada masyarakat. Acara ini digelar selama sepuluh hari, mulai 19 Juli sampai 28 Juli.

Dipusatkan di kompleks perkantoran Pemkab Tasikmalaya, Tasik Motekar 2019 menyuguhkan beragam acara menarik nan apik, seperti konser gentra sukapura, napak tilas, parade jampana, pengobatan gratis, kolaborasi wayang bobodoran, malam anugerah, hingga tablig akbar. (jay/initasik.com)