Birokrasi

Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

initasik.com, birokrasi | Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan dan Pengedalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Hamdani, mengatakan, pola hidup bersih dan sehat (PHBS), selain di rumah, juga harus dibiasakan di sekolah.

Untuk pembiasaan PHBS bagi siswa bisa dimulai dengan cara-cara yang cukup sederhana. “Misalnya seperti membiasakan siswa untuk cuci tangan sebelum makan. Kemudian membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, pembiasaan PHBS ini dinilai penting untuk ditanamkan sejak dini pada siswa. Jika PHBS dilakukan sejak dini, maka hal itu bisa menjadi sebuah kebiasaan yang membentuk karakter mereka untuk senantiasa hidup bersih dan sehat.

Menurutnya, selama ini Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya sudah banyak melakukan upaya sosialisasi terhadap siswa di sekolah dasar untuk menanamkan PHBS. “Kami sudah melakukan berbagai upaya, termasuk mendatangi sekolah-sekolah untuk memberikan pembinaan terkait PHBS, terutama di jenjang pendidikan Sekolah Dasar,” tuturnya. ***