Feri | initasik.com
Peristiwa

Terminal Angkot Cibeureum Kumuh dan tak Berfungsi

initasik.com, peristiwa | Kumuh dan bau pesing tercium kuat saat initasik.com masuk ke Terminal Angkot Cibeureum, Kota Tasikmalaya. Coretan-coretan vandal memenuhi hampir semua dinding.

Setiap ruangan sangat kotor dan penuh sampah. Tidak ada satupun petugas yang berjaga di sana. Hanya ada beberapa angutan terong (sebutan untuk angkutan berwarna ungu) parkir beserta beberapa supir yang sedang menunggu penumpang.

Terminal Angkot Cibeureum yang menjadi tempat bertemunya Angkutan Kota dan Angkutan Umum menuju Kabupaten Tasikmalaya lepas dari perhatian pemerintah. Padahal, menurut Ade, salah seorang penumpang, keberadaan Terminal Angkot di tempat itu sangat penting. “Supaya penumpang tidak turun naik di pinggir jalan. Bahaya soalnya,” tandasnya.

Senada dengan Ade, Dede, sopir Angkutan terong, mengatakan, jalan di depan terminal adalah jalur cepat. Sangat bahaya kalau sering ada kendaraan berhenti di sana. “Ini jalur cepat, Kang. Sering terjadi kecelakaan. Bahaya kalau angkot sering berhenti di pinggir jalan,” ujarnya.

Ia mengeluhkan kondisi terminal yang kumuh dan tidak terawat. Atapnya sudah bolong-bolong. Petugas pun tidak ada yang berjaga.

Menurut para sopir, Terminal Angkot Cibeureum sama sekali sudah tidak berfungsi. Adapun angkot atau angkutan lain yang parkir, sekadar untuk istirahat sambil menunggu giliran jalan. “Paling digunakan hari Minggu buat ibu-ibu senam. Kalau aktivitas turun naik penumpang di dalam terminal ini sudah tidak ada,” papar Dede.

Ia berharap agar pemerintah segera memperbaiki terminal, sehingga nyaman bagi masyarakat, terutama sopir dan para penumpang. [Feri]