Peristiwa

Terpenting, Pilkada Lahirkan Pemimpin Berkualitas

initasik.com, peristiwa | Pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat kian dekat. Tinggal dua bulan lagi. Untuk itu, desk pilkada Kabupaten Tasikmalaya menggelar rapat koordinasi di pendopo baru, Selasa, 24 April 2018.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum yang juga Wakil Ketua Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, Roni Sahroni, mengatakan, salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan pilkada adalah meningkatnya partisipasi pemilih.

Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya menargetkan angka partisipasi pemilih pada pilgub Jabar sebanyak 77 persen. “Untuk mencapai angka partisipasi pemilih yang tinggi diperlukan upaya optimal dari stakeholder desk pilkada Kabupaten Tasikmalaya dalam melakukan koordinasi di seluruh tingkatan, mulai tingkat desa hingga tingkat kabupaten. Kita harus bekerja keras untuk menyukseskannya,” tutur Roni.

Ia menambahkan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah proses pilkada dapat berjalan aman, lancar dan tertib, sehingga masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya dengan aman dan nyaman. “Yang terpenting dari semua proses itu adalah terpilihnya kepala daerah yang berkualitas dan sesuai harapan publik,” tandasnya.

Terkait tingkat partisipasi pemilih, tim desk Pilkada dapat melaporkannya melalui alur yang telah disepakati. Data partisipasi pemilih dari tiap TPS dapat disampaikan ke kepala seksi pemerintahan di tiap kecamatan melaui fasilitas WhatsApp atau secara manual.

Setelah melalui proses verifikasi dan pengawasan oleh camat, data partisipasi pemilih disampaikan ke desk pilkada tingkat Kabupaten Tasikmalaya melalui WhatsApp atau telepon. Data tersebut akan disampaikan ke tim desk Pilkada Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinisi Jawa Barat. [Rls]