Birokrasi

Tiap Bulan 32 Ribu Bayi Lahir di Kabupaten Tasikmalaya


initasik.com, birokrasi | Tiap bulan, sebanyak 32 ribu bayi lahir di Kabupaten Tasikmalaya. Jumlah tersebut bisa memenuhi angka untuk membentuk satu kecamatan. Di Kecamatan Karanjaya saja, misalnya, jumlah penduduknya sekitar 17 ribu orang.

“Kita harus bisa mengendalikan jumlah penduduk untuk bisa memeratakan pembangunan. Saat ini Kabupaten Tasikmalaya baru bisa mencapai pelayanan standar. Belum pelayanan prima,” ujar Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, saat membuka Diseminasi Sistem Perencanaan Pembangunan Desa Bagi Ketua BPD dan Kasi Tantrib Kabupaten Tasikmalaya, di City Hotel, Senin, 10 Juli 2017.

Ia mengakui, pemerintahannya belum bisa mencapai target pelayanan prima, karena berbagai sebab. Salah satunya sebaran wilayah dan jumlah penduduk yang banyak. “Saya baru dapat penghargaan dari presiden sebagai bupati yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara standar. Artinya, pemenuhan kebutuhan standar bagi mayarakat sudah tercapai. Pelayanan publik oleh pemerintah daerah  sudah dipenuhi secara standar,” tuturnya.

Uu mencontohkan, salah satu pelayanan standar itu terkait dengan pendidikan. Saat ini sekolah dasar di Kabupaten Tasikmalaya jumlah muridnya sudah sesuai dengan standar pemerintah pusat, yaitu 28 orang per kelas.

“Masalah kesehatan dan bidang ekonomi juga sudah memenuhi pelayanan standar. Tetapi, kalau semua itu tidak dibarengi dengan terkendalinya laju pertumbuhan penduduk, itu tidak akan berjalan dengan baik,” tandasnya.

Menurutnya, pengendalian jumlah penduduk itu bukan berarti dirinya anti dengan banyaknya jumlah anak. Namun, itu bagian dari upaya untuk pemerataan pembangunan dan menyiapkan generasi yang kuat dalam berbagai sisi.

“Kita jangan sampai meninggalkan generasi yang lemah. Hari ini persaingan begitu ketat. Kita harus khawatir akan generasi-generasi yang lemah. Lemah pendidikan, ekonomi, terutama lemah keimanan. Untuk itu, Pemkab Tasikmalaya terus berupaya melakukan pembangunan yang merata agar siap menghadapi persaingan global,” paparnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?