Peristiwa

Tiap Bulan Kurang 700 Labu Darah

Kota Tasik | Kebutuhan darah di Kota Tasikmalaya dalam sebulan mencapai 1.500 labu. Namun, itu baru terpenuhi 800 labu darah. Untuk memenuhi kekurangan itu, pemkot Tasikmalaya akan mendorong seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) jadi pendonor.

“Program donor darah harus terus digelorakan. PNS di Kota Tasikmalaya ada sepuluh ribu orang. Kalau tiga bulan sekali sepertiganya secara bergiliran mendonorkan darahnya, akan tertampung 3.000 labu darah,” ujar Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, dalam sambutan pembukaan aksi donor darah yang digelar PMI, di Gedung Serbaguna, Kamis, 30 April 2015.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambung Budi, pihaknya akan memprogramkan agar seluruh PNS terjadwalkan donor darah. “Kita punya ribuan guru. PNS di Setda juga banyak. Silakan kadis Kesehatan jadwalkan itu,” imbuhnya.

Menurutnya, tingginya kebutuhan darah di Kota Tasikmalaya di antaranya karena ribuan ibu malahirkan mengalami pendarahan. Budi menyampaikan, di kota ini dalam satu tahun terjadi 13.500 persalinan. Sekitar 3.780 orang mengalami pendarahan. “Itu risiko besar. Angka kematian ibu saat melahirkan masih tinggi,” sebutnya. initasik.com|ashani

Komentari

komentar