Aren
Seni Budaya

TOF 2017 Ajang Unjuk Kekuatan Budaya Setelah Kalah dalam Persaingan Teknologi

initasik.com, seni budaya | Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengatakan, Indonesia kalah bersaing dalam kemajuan teknologi. “Jujur saja, dalam hal teknologi kita kalah oleh negara lain,” ujarnya di sela pembukaan Tasikmalaya October Festival (TOF), Ahad, 15 Oktober 2017.

Menurutnya, salah satu kekuatan bangsa ini ada di budaya. Itu yang harus didorong. Namun, itu saja tidak cukup. Mesti berkualitas, sehingga punya daya saing. Kegiatan TOF 2017 diharapkan bisa menjembatani itu.

“Kita punya banyak potensi. Tinggal dikelola dengan baik. Makanya setiap tahun kita selalu mengadakan kegiatan seperti ini. Kita harus menangkap peluang apapun yang bisa meningkatkan setiap potensi. Percuma kita punya potensi tapi tidak dipromosikan. Banyak event itu wajib,” tandas Budi.

Ia mengklaim, selama kepemimpinannya, sekarang pertumbuhan ekonomi di Kota Tasikmalaya tertinggi selama kota ini berdiri. Angkanya 6,94. Di atas rata-rata nasional. Salah satunya disebabkan banyaknya kegiatan seperti TOF.

“Banyak orang yang datang ke kota ini. Tingkat hunian hotel tinggi. Rumah makan banyak pembeli. Itu jadi semangat kita dalam membangun Kota Tasikmalaya. Segala potensi kita promosikan ke mancanegara,” tuturnya. [Jay]