Dinda Karunia | Jay/initasik.com
Edukasi

Undang Pidi Baiq, Upaya OSIS SMA Al-Muttaqin Sebarkan Budaya Literasi

initasik.com, edukasi | Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya punya cara berbeda dalam menyebarkan budaya literasi di kalangan anak muda. Mereka mengundang Pidi Baiq, musikus asal Bandung yang juga penulis produktif.

Tak tanggung-tanggung, acaranya digelar di Hotel Horison, Ahad, 24 September 2017. Ketua pelaksana acara, Dinda Karunia, mengatakan, talk show interaktif itu merupakan acara yang kali pertama digelar OSIS SMA Al-Muttaqin.

“Kalau acara rutin yang biasa kami adakan adalah Al-Muttaqin Student Challange atau perlombaan sains se-Priangan Timur dan running well atau jalan santai. Itu rutin setiap tahun. Kalau talk show seperti ini baru pertama kali diadakan,” tuturnya.

Melalui acara tersebut, ia dan rekan-rekannya ingin menggiatkan budaya literasi di kalangan pelajar, mengingat budaya membaca dan menulis secara umum masih rendah. “Kita berharap, dengan talk show ini bisa meningkatkan budaya literasi di masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, dalam paparannya Pidi Baiq menegaskan, yang paling penting dalam menulis adalah bukan bagaimana caranya menulis, tapi mengubah paradigma berpikir. Jangan ingin menulis agar terkenal atau punya banyak uang, tapi karena memang seharusnya menulis.

“Menulis mah seenaknya kita. Jangan ada beban apapun. Jangan terbebani oleh teori-teori, apalagi takut salah. Biarkan mengalir. Belum apa-apa sudah takut salah. Menulis saja. Teori seringkali mengekang kita. Saya juga menulis seenaknya. Tidak ada beban apapun,” beber penulis novel Dilan itu. [Jay]