Informasi

UNPER Bakal Gelar Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional

initasik.com, informasi | Universitas Perjuangan (UNPER) Tasikmalaya bakal menggelar kejuaraan pencak silat tingkat nasional pada 31 Agustus s.d. 1 September 2019, di Siliwangi Futsal Centre, Kota Tasikmalaya.
“Sudah banyak yang daftar. Ada dari Lampung, Jawa Timur, dan masih banyak lagi. Saya optimistis kejuaran ini akan diikuti sebanyak 600 peserta. Soalnya, untuk di Priangan Timur saja mendapatkan 500 peserta sangat mudah sekali,” kata Helmi, ketua UKM Pencak Silat UNPER, saat ditemui di sekretariatnya, belum lama ini.

Menurutnya, selain program tahunan, juga sebagai upaya untuk membentuk kualitas diri serta memelihara kebudayaan pencak silat di Indonesia melalui transformasi keterampilan pribadi. Pasalnya, Pencak Silat merupakan seni bela diri tradisional yang memiliki berbagai ketentuan, keselarasan, keseimbangan antara wirama, wirasa, dan wiraga. Mampu membentuk orang berbudi pekerti luhur.

“Harus dijaga biar tidak hilang. Agar tidak terkikis oleh bela diri dari luar. Memang benar peminat pencak silat terus mengalami perkembangan, tapi tetap harus dikenalkan sejak dini dan dukungan yang maksimal dari pemerintah terhadap atlet-atletnya,” terang mahasiswa FKIP itu.

Kejuaran tersebut bertemakan “Menumbuhkan Jiwa Ksatria Serta Melestarikan Budaya Seni Bela Diri Pencak Silat Indonesia”. Itu selaras dengan visi-misi UNPER sebagai perguruan tinggi yang bebasis kearifan lokal.

“Kita memberitahukan juga bahwa dengan budaya kita mampu bersaudara. Seni bela diri pencak silat mampu mengikis egosentrisme dalam diri. Kita senang pencak silat bukan untuk ngajago tapi rek ngajaga budaya,” jelasnya. [millah/initasik.com]