Edukasi

Unsil Masuk Peringkat 122 Universitas Paling Top di Indonesia

initasik.com, edukasi | Universitas Siliwangi (Unsil), Kota Tasikmalaya, masuk dalam peringkat ke-122 dari 500 perguruan tinggi paling top di Indonesia yang dirilis 4icu.org, mesin pencarian dan direktori yang menilai kepopuleran laman lembaga pendidikan, terutama universitas.

“Alhamdulillah. Kita berupaya untuk terus meningkat. Jadi universitas negerinya juga baru tiga tahun. Dulu, waktu swasta peringkat 400 ke atas,” sebut Rektor Unsil, Prof. Rudi Priyadi, saat memberikan materi dalam Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi (OMBUS) 2017, yang diikuti 2.755 mahasiswa baru, di Gedung Mandala Unsil, Selasa, 8 Agustus 2017.

Ia berharap, seiring peningkatan kualitas dosen hingga lulusan, peringkat Unsil dalam spektrum penilaian perguruan tinggi terbaik di Indonesia terus meningkat. Harapannya bisa masuk sepuluh besar. Satu kelompok dengan Universitas Indonesia, ITB, UGM, dan perguruan tinggi populer lainnya.

“Saya yakin, dengan mahasiswa baru yang merupakan bibit-bibit unggul ini, kita akan terus meningkat peringkatnya. Untuk itu, SDM di kampus harus terus diasah lagi. Sarana dan prasarananya dilengkapi lagi, termasuk kualitas lulusan,” tuturnya.

Menurutnya, lulusan berkualitas adalah mereka yang mempunyai kompetensi akademik dan keahlian (soft skill & hard skill) yang baik, serta mampu berpikir kritis, bisa memecahkan masalah di masyarakat, serta berkeinginan kuat mengubah bangsa ini ke arah yang lebih baik. [Jay]