Jalan rusak di Desa Cipicung, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya | Dok. initasik.com
Informasi

Uu Klaim Pembangunan di Desa Sudah Merata

initasik.com, informasi | Lima tahun menjabat bupati Tasikmalaya di periode pertama, 2011 s.d. 2016, Uu Ruzhanul Ulum mengklaim telah berhasil membangun desa-desa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Pembangunannya merata.

Program Gerbang Desa alias Gerakan Membangun Desa berjalan dengan baik. “Filosofi Gerbang Desa adalah pemerataan pembangunan. Dulu, sebelum kepemimpiann kami, ada desa yang tidak mendapatkan kue pembangunan, tapi dengan program Gerbang Desa seluruh daerah dapat,” tutur Uu kepada wartawan, Selasa, 5 Desember 2017.

Lantaran keberhasilan tersebut, katanya, Pemkab Tasikmalaya diganjar penghargaan oleh Pemerintah Pusat, karena mampu memenuhi kebutuhan standar masyarakat, mulai standar pendidikan, ekonomi, hingga kesehatan.

“Di periode kedua sekarang, karena program pemerataan pembangunan sudah tercapai dan infrastruktur jalan sudah hampir 80 persen, maka kami membangun fasilitas umum yang ada di pusat kabupaten,” paparnya.

Salah satu yang sedang digarap adalah Islamic Center. Selain itu, direncanakan membangun jalan lingkar dari Tinewati sampai Cintaraja untuk mengurai kemacetan di pusat Singaparna, dan menuntaskan pembangunan jalan Cisinga.

Saat ditanya soal rusaknya jalan di Desa Cipicung, Kecamatan Culamega, yang sudah berlangsung puluhan tahun, Uu menjawab singkat, “Tidak semua keinginan masyarakat terkabulkan.” [Dan]