Peristiwa

Wakil Bupati Tasik Tantang Kepala Disparpora

initasik.com, peristiwa | Pemkab Tasikmalaya tengah merivisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Tujuannya agar pembangunan lebih fokus. Ada tiga masalah yang jadi target, yaitu kemiskinan, pertanian, dan pariwisata.

Khusus pariwisata, Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, menantang Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga untuk menata objek wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Ia meminta fokus pada dua objek, yaitu Pantai Karangtawulan dan Gunung Galunggung.

“Penataan objek wisata maksimal di dua titik. Bila tidak mampu di dua titik, satu titik saja. Fokuskan ke Galunggung,” ujar Ade saat menghadiri The Memory of Galunggung, Sabtu, 28 April 2018.

Menurutnya, untuk penataan itu diperlukan keseriusan bersama, mulai pemerintah, masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan. Perencangannya juga harus matang. Penganggaran jangan asal-asalan.

Ia mencontohkan penganggaran untuk menata Situ Sindangjaya sebesar Rp 10 miliar. Setelah dicek, ternyata situ tersebut luasnya 104 hektar. Uang Rp 10 miliar itu tidak akan cukup untuk menata situ.

“Jangan seperti itu. Banyak menata objek wisata, tapi hasilnya tak memberikan manfaat signifikan. Saya menantang Kadis Parawisata yang hari ini menjadi andalan, Anda punya konsep seperti apa untuk menata Galunggung. Kita bahas bersama-sama. Kalau tidak punya konsep, hanya jalan-jalan, gudag-gidig jiga geugeudug, lamun ditanya gogodeug, asa mending bubar Dinas Pariwisata teh daripada teu ngabangun,” tutur Ade. [Eri]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?