Birokrasi

Wali Kota Tasik Akui Wasdal Praktik Usaha Masih Lemah

initasik.com, birokrasi | Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengakui kalau pengawasan dan pengendalian (wasdal) terhadap praktik usaha masih lemah. Itu disebabkan keterbatasan sumber daya manusia.

Menurutnya, ada ribuan perusahaan yang tidak mungkin diperiksa satu per satu. “Karena jumlahnya ribuan, petugas tidak bisa mengecek. Perlu kerja sama dan tanggung jawab dari masyarakat, para pengusaha,” ujar Budi, Jumat, 29 Desember 2017.

Ia mengaku tidak tahu berapa persen perusahaan yang bermasalah dengan perizinan. Kendati begitu, pihaknya telah memerintahkan pegawai-pegawai terkait untuk terus memonitor legalitas usahanya.

“Ini juga terkait karakter masyarakat, masih banyak yang belum disiplin. Misalnya hotel-hotel. Kita terus monitor mereka terkait pemasukannya, karena ada pendapatan kita di sana. Kita harapkan kejujuran mereka. Jujur itu tidak merugikan kita. Yang namanya pendapatan terus kita dorong, karena potensi pendapatan kita masih besar,” paparnya.

Budi menegaskan, kesadaran masyarakat dalam mematuhi perizinan masih kurang. Kerjakan dulu, mengurus izin belakangan. “Sekarang ini, kami akan terus memantau. Mengecek mana yang belum ada izin. Lalu kami akan layangkan peringatan,” tandasnya. [Dan]